-->

Q&A Mata Kuliah Sosial and Profesional Skill

autodika.com

 

  1. Jelaskan 5 (lima) bagian bagaimana membentuk dan mengembangkan lebih lanjut perilaku profesional di lingkungan kerja !
    a. Kompetensi
    Kuasailah satu bidang terbaik dalam pekerjaan sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Hal tersebut akan cukup membawamu menjadi pribadi yang kompeten. Namun, bukan berarti kita tidak wajib untuk terus menggali apa yang kita tidak tahu lho, karena pengetahuan akan membawa kepada hidup yang lebih baik.

    b. Sistematis
    Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan bekerja secara teratur, hal ini akan mempermudah pekerjaan untuk diselesaikan sesuai dengan target serta aturan yang berlaku. Dan kita akan menjadi lebih handal dalam membentuk suatu sistem secara utuh, menyeluruh, terpadu, mampu menjelaskan rangkaian sebab akibat menyangkut objeknya. Ini akan sangat membantumu menjadi profesional di tempat kerja.

    c. Dedikasi dan Integritas
    Mulailah dengan cara mencintai pekerjaanmu serta apa yang kita lakukan dan juga rasa senang dan bangga bekerja di tempat kerja kita. Seiring berjalannya waktu, dedikasi yang kita miliki nantinya akan bermuara pada integritas pada dirimu.

    d. Mampu Bekerja dengan Tim
    Mulailah berdiskusi dengan tim kerja, dengan begitu akan menambah wawasan serta akan mempermudah kita dalam memecahkan masalah.

    e. Buat Batasan
    Jangan campurkan perasaan pada setiap tindakan yang kita buat saat sedang bekerja. Salah satunya adalah saat kita berkomunikasi dengan rekan kerja di kantor. Bukan berarti kita tidak boleh berteman dengan rekan kerja, tapi ingatlah bahwa di lingkungan kantor kita dan rekan kerjamu harus bersikap profesional.

  2. Keuntungan yang didapat dari bersikap profesional ada 4 (empat) bagian yaitu:
    a. Manfaat kesehatan
    Dengan bersikap profesional itu akan membuat kita selalu berfikir positif sehingga dengan begitu dapat membentuk energi positif juga untuk tubuh kita sehingga akan berdampak pada kesehatan jasmani maupun rohani kita.

    b. Menjadi role model atau panutan
    Dengan bersikap profesional itu akan membentuk kita sebagai panutan untuk orang terdekat kita, karena dengan bersikap profesional akan menjadikan kita menjadi pribadi yang baik serta dapat diandalkan.


    c. Get the opportunity to become a leader
    Dengan bersikap secara profesional dalam segala hal tentu saja itu akan membuat langkah kita untuk menjadi seorang pemimpin menjadi lebih dekat, karena untuk menjadi seorang pemimpin yang baik sangatlah dibutuhkan sikap yang profesional dalam mengambil keputusan serta mengatur orang orang yang akan kita pimpin.

    d. Mudah mendapatkan kepercayaan

Dengan bersikap profesional bukan hanya kepercayaan yang kita dapat, kita juga akan mendapat rasa hormat karena dengan bersikap profesional dalam segala hal yang kita lakukan itu akan membentuk rasa percaya kepada setiap orang dengan apa yang akan kita lakukan.

  1. Sikap profesional dalam dunia kerja telah menjadi syarat wajib bagi setiap karyawan yang bekerja di suatu perusahaan. Jelaskan lah bagian syarat wajib tersebut:

    a. Berbahasa Yang Baik Dan Hindari Bergosip
    Berbahasa dengan baik sangatlah dibutuhkan dalam dunia kerja karena komunikasi sangat dibutuhkan dalam dunia kerja baik itu untuk berdiskusi, bernegosiasi sampai dengan untuk memecahkan masalah, oleh karena itu kita perlu berbahasa dengan baik dan benar. Hindari bergosip dengan kata lain kita tidak boleh membicarakan orang lain tentang hal yang tidak benar karena itu akan menyebabkan kesenjangan sosial antara orang yang sebagai objek gosip dengan penggosip.

    b. Kiat-kiat Bersikap Profesional
    Bersikap profesional harus dibentuk sejak dini, karena dengan bersikap profesional akan menjadikan kita lebih matang dalam berbicara, berdiskusi serta dalam hal mengambil keputusan. Salah satu cara untuk menjadi pribadi yang profesional adalah:
    1. Berbicara yang Baik dan Hindari bergosip.
    2. Hindarilah Mengeluh di depan Tim Kerja.
    3. Memaksimalkan Kompetensi Anda di Tempat Kerja.
    4. Memiliki Tujuan Dalam Bekerja.
    5. Miliki Integritas dan Kejujuran yang Tinggi.

    c. Memiliki Tujuan Dalam Bekerja
    Memiliki tujuan dalam kerja berarti kita sudah memiliki planning tentang apa yang harus kita kerjakan, dengan begitu akan membuat kita menjadi lebih fokus dalam bekerja serta bersungguh sungguh dalam menyelesaikan pekerjaan kita.

    d. Memiliki Integritas Dan Kejujuran
    Orang berintegritas berarti memiliki pribadi yang jujur dan memiliki karakter kuat, memiliki sikap yang teguh mempertahankan prinsip, tidak mau korupsi, dan menjadi dasar yang melekat pada diri sendiri sebagai nilai-nilai moral serta memiliki Mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan kejujuran.



    e. Hindari Mengeluh Di Depan Tim Kerja
    Menghindari mengeluh di depan tim kerja merupakan salah satu ciri dari sikap profesionalitas kita. Dengan mengeluh di depan tim kerja itu hanya akan membuat kita terlihat pesimis dan tentu saja akan menurunkan nilai profesionalitas kita dalam bekerja.

  2. Jelaskan beberapa karakteristik kewirausahaan yang anda ketahui:
    a. Bersikap Jujur
    Kejujuran merupakan hal utama jika ingin menjadi pengusaha yang sukses. Apalagi jika Anda menjadi pemimpin dalam usaha tersebut, memiliki karyawan yang jujur akan membuat usaha berkembang dengan pesat.

    b. Menanamkan Kedisiplinan
    Kedisiplinan menjadi salah satu modal utama jika ingin memulai berwirausaha. Memiliki sifat disiplin dapat menggerakkan semangat dan motivasi untuk menjalankan pekerjaan usaha dan pekerjaan sesuai dengan target yang ingin dicapai.

    c. Komitmen yang tinggi
    Mulailah untuk berkomitmen ketika berwirausaha. Dengan memiliki komitmen yang tinggi serta memegang teguh prinsip, usaha akan berkembang dan mencapai kesuksesan.

    d. Memiliki sikap yang kreatif dan inovatif
    Memiliki kreativitas dan inovasi merupakan bagian dari karakteristik wirausaha. Kreativitas memungkinkan Anda untuk menciptakan hal yang berbeda. Apalagi kreativitas tersebut ditunjang dengan inovasi, maka usaha yang sedang Anda jalankan dapat menarik minat para pelanggan. Oleh karena itu, tumbuhkan sifat kreatif dan inovatif untuk mengembangkan usaha.

    e. Mandiri
    Salah satu karakteristik yag harus dimiliki ketika berwirausaha adalah mandiri dan realistis. Hal ini karena ketika berwirausaha membutuhkan kemampuan untuk mengambil keputusan cepat. Seorang wirausahawan harus menjadi mandiri dan realistis jika ingin usaha yang digelutinya berkembang dengan pesat.

  3. Jelaskan Cara Meningkatkan Keterampilan Sosial Skills dalam Rapat Online.    
    a. Komunikasi
    Gunakan kata-kata yang mudah dipahami. Lakukan berbagai kiat agar Anda mampu berkomunikasi lisan atau tertulis dengan jelas. Menyampaikan gagasan menggunakan kalimat yang berbunga-bunga atau terlalu muluk terkadang membingungkan atau sulit dipahami.

    b. Kerja Sama
    Kerjasama adalah suatu pekerjaan yang dikerjakan/dilakukan oleh sekelompok individu yang melibatkan interaksi dan saling bekerjasama hingga tujuannya tercapai.

    c. Empati
    Empati adalah kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan orang lain, melihat dari sudut pandang orang tersebut, dan juga membayangkan diri sendiri berada pada posisi orang tersebut. Empati memainkan peran penting dalam membangun dan menjaga hubungan antara sesama manusia.

    d. Penyelesaian Masalah
    Pemecahan masalah adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan cara mendefinisikan masalah, menentukan penyebab utama dari suatu permasalahan, mencari sebuah solusi dan alternatif untuk pemecahan masalah, dan mengimplementasikan solusi tersebut sampai masalah benar-benar dapat diselesaikan.


0 Response to "Q&A Mata Kuliah Sosial and Profesional Skill"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel