-->

Penjelasan Tentang e-Business dan e-Finance

autodika.com


Pengertian  Proses Bisnis (1)
Proses bisnis adalah arus kerja dari bahan baku, informasi, dan pengetahuan seperangkat aktivitas. Sebuah bisnis dapat disebut sebagai gabungan dari proses bisnis-proses bisnis dimana proses bisnis tersebut terkait dengan tugas fungsional yang spesifik
Contoh: fungsi penjualan & fungsi pemasaran yang bertanggungjawab untuk mengidentifikasi aktivitas yang berhubungan dengan pelanggan

e-Business Terbentuk (1)
E-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik seperti komputer dan internet. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel.

Bagaimana e-Business terjadi? (1)

  1. Meningkatkan efisiensi proses yang telah ada 
  2. Memungkinkan keseluruhan proses baru yang dapat merubah bisnis.

Contoh: Informasi dapat mengubah model bisnis yang baru seperti memesan buku secara online

Jenis e-Business (2)

  1. B2B, dapat diartikan sebagai yang dilakukan sebuah perusahaan dengan perusahaan lain
  2. B2C, dapat diartikan sebagai jenis perdagangan elektronik dimana ada sebuah perusahaan (business) yang melakukan penjualan langsung barang-barangnya kepada pembeli (consumer).
  3. C2C, apat diartikan sebagai penjualan yang dilakukan dari konsumen-ke-konsumen 


Tugas Sistem Proses Transaksi (1)

Menyediakan informasi mengenai aktivitas dan transaksi yang dibutuhkan oleh manajer operasionall seperti penjualan, penerimaan, deposit, daftar gaji, keputusan kredit dan arus bahan baku pabrik
Mencatat transaksi bisnis harian dan rutin seperti daftar pesanan, pemesanan hotel, daftar gaji dan pengiriman

Tugas Sistem Informasi Manajemen (1)

Diperlukan oleh manajemen tengah untuk membantu pengawasan, pengendalian, pengambilan keputusan dan aktivitas administrative
Menyediakan laporan aktivitas terkini perusahaan kepada manajemen tengah
Menyediakan laporan mingguan, bulanan dan tahunan
Menyediakan laporan jawaban atas peristiwa-peristiwa rutin

Tugas Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan (1)

Menyediakan pengambilan keputusan yang tidak rutin –unik, berubah-ubah, belum ditemukan solusinya sebelumnya- seperti “apa yang akan terjadi dalam jadwal produksi jika dilakukan penjualan ganda di bulan desember? Apa yang akan terjadi dengan laba investasi jika pabrik dijadwalkan tertunda 6 bulan?”
Menggunakan informasi internal dari SPT dan SIM, namun lebih sering menggunakan informasi eksternal seperti harga saham saat ini atau harga barang perusahaan pesaing

Sistem Bisnis Intelijen (1)
SBI meringkas dan melaporkan operasi dasar perusahaan menggunakan data yang disediakan oleh sistem pemrosesan transaksi. Data transaksi dasar dari TPS yang terkompresi dan biasanya disajikan dalam laporan yang dihasilkan pada jadwal teratur. Saat ini, banyak laporan-laporan ini disampaikan secara online.
SBI. Sistem ini biasanya memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan rutin yang telah ditetapkan di muka dan memiliki prosedur standar untuk menjawab mereka.
Contoh: Misalnya, MIS melaporkan daftar total pon selada digunakan kuartal ini dengan rantai makanan cepat saji dan membandingkan total angka penjualan tahunan untuk produk khusus untuk target yang direncanakan.

Sistem Aplikasi Perusahaan (1)
 Mendapatkan semua jenis sistem dalam sebuah perusahaan untuk bekerja sama telah terbukti tantangan besar. Salah satu solusi adalah dengan menerapkan aplikasi perusahaan, yang merupakan sistem yang mencakup bidang fungsional, fokus pada menjalankan proses bisnis di seluruh perusahaan bisnis, dan mencakup semua tingkatan manajemen. aplikasi perusahaan membantu bisnis menjadi lebih fleksibel dan produktif dengan mengkoordinasikan proses bisnis mereka lebih dekat dan mengintegrasikan kelompok proses sehingga mereka fokus pada manajemen sumber daya yang efisien dan layanan pelanggan.

Komponen Sistem Aplikasi Perusahaan (1)

  1. Sistem Perusahaan
  2. Sistem Manajemen Rantai Persediaan
  3. Sistem Manajemen Hubungan Pelanggan

Apa itu e-Finance (6)
  • Hasil gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi yang akhirnya mengubah model bisnis dari konvensional menjadi moderat, yang awalnya dalam membayar harus bertatap-muka dan membawa sejumlah uang kas, kini dapat melakukan transaksi jarak jauh dengan melakukan pembayaran yang dapat dilakukan dalam hitungan detik saja.
  • E-Finance muncul karena perubahan gaya hidup masyarakat yang saat ini didominasi oleh pengguna teknologi informasi tuntutan hidup yang serba cepat.

e-Finance Dalam Lingkup Bisnis
  • FinTech telah mengubah sistem pembayaran di masyarakat dan telah membantu perusahaan-perusahaan start-up dalam menekan biaya modal dan biaya operasional yang tinggi di awal (6).
  • Semua layanan keuangan berbasis digital yang udah disebutkan di atas haruslah berada di pengawasan Bank Indonesia dan OJK. Oleh sebab itu, perusahaan yang bergerak di bidang fintech tersebut haruslah mendaftarkan diri ke Otoritas Jasa Keuangan (7).

Manfaat e-Finance (6)
  1. Menyediakan pasar bagi pelaku usaha
  2. Menjadi alat bantu untuk pembayaran, penyelesaian/settlement dan kliring
  3. Membantu pelaksanaan investasi yang lebih efisien
  4. Mitigasi risiko dari system pembayaran yang konvensional
  5. Membantu pihak yang membutuhkan untuk menabung, meminjam dana dan penyertaan modal.

Dasar Hukum Pembayaran e-Finance
  1. Peraturan Bank Indonesia No. 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran
  2. Surat Edaran Bank Indonesia No. 18/22/DKSP perihal Penyelenggaraan Layanan Keuangan Digital
  3. Peraturan Bank Indonesia No. 18/17/PBI/2016 tentang Uang Elektronik
Kategori e-Finance (7)
  1. Peer-to-peer lending/pinjaman dana dan crowdfunding/penggalangan dana. Contoh: p2p (kredivo,uangteman) dan crowfunding (kitabisa.com)
  2. Market aggregator/informasi layanan keuangan. Contoh: duitpintar.com
  3. Manajemen risiko dan investasi. Contoh: bareksa dan investree
  4. Payment, Clearing, dan Settlement. Contoh: Gopay,Ovo,Dana,dll
Sumber Literatur
  1. Kenneth C. Laudon, Jane P. Laudon. 2018.Management Information Systems: Managing the Digital Firm,15th,.Pearson
  2. Joseph Valacich, Christoph Schneider. 2018. Information Systems TodayManaging in the Digital World. Pearson
  3. Azhar Susanto. 2017. Sistem Informasi Manajemen Konsep dan Pengembangan Secara Terpadu. LinggaJaya,Indonesia
  4. Turban, Efraim and Volonino, Linda. 2011. Information Technology for Management: Improving Strategic and Operational Performance. 8th Edition. Danvers: John Wiley & Sons
  5. Rudy Tantra. 2012. Manajemen Proyek Sistem Informasi. Penerbit Andi 
  6. Bank Indonesia. Edukasi dan Perlindungan Konsumen (bi.go.id)
  7. lifepal.co.id

18 Responses to "Penjelasan Tentang e-Business dan e-Finance"

  1. To be clear and avoid scams, there are no closing costs or fees of any kind for participating in the mortgage modification program or the refinance program for Fannie and Freddie Mae mortgages. financial life coach

    ReplyDelete
  2. Thank you very much for presenting a great research post. After the post, I got ideas on many important topics. Hope for a better post. Please visit my website.
    Satta number
    Satta Bajar

    ReplyDelete
  3. Cryptocurrencies are profitable assets albeit highly volatile and loosely regulated. Learning the best tips to invest in them can guarantees minimal loses and high profits. This article provides you with practical tips on how to trade crypto assets successfully. profit bitcoin

    ReplyDelete
  4. buy twitch followers You need fun games at a kids birthday party. And you can never have enough games...kids just love to play. Use your birthday party theme to twist the games you choose. Rename them using a variation on your party theme to create new ways for kids birthday party fun.

    ReplyDelete
  5. https://www.visualaidscentre.com/service/eyes-specialist-delhi/ Many people on dial-up feel limited because of their slow connections. Even though dial-up cannot compete with broadband in speed, there are many games and other activities that are possible with dial up. Here are a few ideas and how you can still have fun online with dial-up.

    ReplyDelete
  6. https://dynamichealthstaff.com/nursing-jobs-in-qatar Many businesses that do business on the web are starting to realize the need for professionally written search engine optimized content. Hence, SEO writing is a freelance writing niche that's growing by leaps and bounds.

    ReplyDelete
  7. https://www.buyyoutubesubscribers.in/2022/01/20/highest-viewed-video-youtube-india/ YouTube and SEO Over 800 million unique users visit YouTube each month and view over 4 billion hours of video. Since YouTube is owned by Google, and Google likes showing a variety of websites in its search engine results page, having optimized videos can help get your brand or company name noticed.

    ReplyDelete
  8. https://hostinglelo.in When it comes to Army games, did you know that both boys and girls enjoy playing these types of games? It might surprise you that girls as well as boys enjoy these types of games. Take a look at many different games that can be played online. Many different army games can be found on free sites. These appeal to both genders and provide hours of fun and excitement. While it may surprise you that girls like these games, it should be said that the games are enjoyable to play and easy to learn to play.

    ReplyDelete
  9. The very nice post to read from the interesting article and I really like that one of the interesting contents in the post and really helpful for me and for other readers on that website to read that, I am expecting more such kind of posting from the writer So Nice. Visit us bluna facefit kf94 black mask

    ReplyDelete
  10. At the point when you have a thought regarding an underlying goal while creating your wealth management plan, it turns out to be more arranged and smoothed out.
    visit website

    ReplyDelete
  11. These laws discussion of the purchaser's freedoms, debates and cures.
    bavcars

    ReplyDelete
  12. "I appreciate my finance advisor's proactive approach in exploring new investment opportunities." Exponent Investment Management

    ReplyDelete
  13. "Diversification is key when it comes to investing. Don't put all your eggs in one basket." Exponent Investment Management

    ReplyDelete
  14. "As an entrepreneur, stay curious and embrace a lifelong love of learning." http://westoil.ca

    ReplyDelete
  15. Corporate Law provides guidelines for corporate governance in family-owned businesses. https://yesfinancialfree.com

    ReplyDelete
  16. Government bonds are considered relatively low-risk investments, backed by the government's credit. who is chen zhi

    ReplyDelete
  17. Cash flow statement tracks the movement of cash into and out of a company.
    http://www.yesfinancialfree.com

    ReplyDelete
  18. Practice deep breathing exercises to reduce anxiety and improve mental clarity. Semaglutide

    ReplyDelete

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel