-->

Aplikasi Pendukung Pengambilan Keputusan

Peran Sistem Informasi Dalam Pengambilan Keputusan (1)
Pengambilan keputusan dalam bisnis biasanya terbatas pada pihak manajemen. Sekarang ini, karyawan golongan rendah bertanggung jawab atas beberapa keputusan ini, karena sistem informasi membuat informasi menjadi tersedia untuk golongan yang lebih rendah dalam bisnis.

Jenis Keputusan (1)

  1. Keputusan tidak terstruktur yaitu keputusan yang pengambil keputusannya harus memberikan penilaian, evaluasi, dan pengertian untuk memecahkan masalahnya.
  2. Keputusan terstruktur yaitu keputusan yang sifatnya berulang dan rutin sehingga wajib melibatkan prosedur yang jelas dalam menanganinya.

Tahapan Pengambilan Keputusan (1)
autodika.com


Manajer Dalam Pengambilan Keputusan (1)
Para manajer memainkan peran penting dalam organisasi. Tanggung jawab mereka adalah mengambil keputusan , membuat laporan, menghadiri rapat, hingga merencanakan pesta ulang tahun. Peran manajer dapat terbagi menjadi tiga kategori, diantaranya:

  1. Interpersonal=> manajer menjadi figur utama dalam organisasi ketika mewakili perusahaan pada dunia luar
  2. Informasi => manajer bertindak sebagai pusat saraf dan penyebar informasi dalam organisasinya
  3. Pengambil keputusan => manajer mengambil peran dalam mengusulkan aktivitas organisasi
Sistem Pendukung Keputusan (1)
  1. Sistem Informasi Manajemen (SIM)
  2. Decision Support System (DSS)
  3. Executive Support System (ESS)
  4. Group Decision Support System (GDSS)
Sistem Informasi Manajemen (SIM)
SIM secara khusus menghasilkan laporan yang sifatnya rutin berdasarkan data yang diperoleh dan dirangkum dari sistem pemrosesan transaksi. 
autodika.com


Decision Support System (DSS)
DSS mendukung analisis masalah semistruktur dan tidak terstruktur. Kemampuan analisis DSS didasarkan pada teori atau model yang kuat, digabungkan dengan suatu antarmuka pengguna yang baik yang membuat sistem tersebut mudah untuk digunakan.

autodika.com

Executive Support System (ESS)
ESS membantu para eksekutif senior mengawasi kinerja organisasional, melacak aktivitas pesaing, mengetahui berbagi masalah, mengidentifikasi kesempatan, dan meramalkan tren bisnis. ESS memiliki kemampuan untuk menelusuri atau berpindah dari satu bagian data rangkuman ke tingkatan perincian yang semakin rendah.

autodika.com

Group Decision Support System (GDSS)
GDSS berupa sistem interaktif berbasis komputer yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tidak terstruktur oleh sekelompok pengambil keputusan yang bekerjasama dalam suatu kelompok.Perangkat serta teknologi kenferensi berbasis web juga dapat membantu sistem ini.


autodika.com

Pertanyaan

  1. Sebagai seorang manajer atau pengguna sistem, hal apa saja yang perlu anda persiapkan untuk berpartisipasi dalam melakukan perancangan dan penggunaan sistem pendukung keputusan (SIM/DSS/ESS/GDSS)? Jelaskan secara lengkap!
  2. Apabila perusahaan-perusahaan menggunakan sistem pendukung keputusan (SIM/DSS/ESS/GDSS) secara lebih luas, apakah manajer dan karyawan akan mengambil keputusan-keputusan yang lebih baik? Jelaskan alasannya!

Sumber Literatur

  1. Kenneth C. Laudon, Jane P. Laudon. 2018.Management Information Systems: Managing the Digital Firm,15th,.Pearson
  2. Joseph Valacich, Christoph Schneider. 2018. Information Systems TodayManaging in the Digital World. Pearson
  3. Azhar Susanto. 2017. Sistem Informasi Manajemen Konsep dan Pengembangan Secara Terpadu. LinggaJaya,Indonesia
  4. Turban, Efraim and Volonino, Linda. 2011. Information Technology for Management: Improving Strategic and Operational Performance. 8th Edition. Danvers: John Wiley & Sons
  5. Rudy Tantra. 2012. Manajemen Proyek Sistem Informasi. Penerbit Andi 
  6. Eddy Jusuf. 2019. Sistem Informasi Manajemen Kontemporer di Era Digital. Gava Media.


Selamat berkunjung kembali di postingan selanjutnya

1 Response to "Aplikasi Pendukung Pengambilan Keputusan"

  1. MBit Casino was additionally launched in 2014, but it turned famous within a yr because of its slot machines. The major purpose for its success was the free slots allowing individuals to all the time have some cash to play extra and earn extra. As properly as creating thought-provoking online slot video games that obtain large success globally, BTG is the inventor of the Megaways™ slots sport mechanic. Megaways™, a tiered, linked, progressive 카지노 사이트 jackpot prize system, modified the whole market with 117,649 ways to win. It is now licensed to a large quantity of|numerous|a lot of} sport developers worldwide.

    ReplyDelete

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel